| 0 comments ]

Berita bahwa iPhone dan iPad 3Gs terus-menerus mengumpulkan informasi tentang keberadaan pengguna mereka dan menyimpan data itu dalam file rahasia telah membuat penggemar Apple khawatir tentang privasi mereka.

Dua peneliti pada hari Rabu meluncurkan rincian file rahasia ini, yang disebut "consolidated.db". File itu menyimpan info sejak Juni 2010. Pada saat itulah Apple memperbarui sistem operasi mobile mereka, ke iOS versi 4.0.

Apple tidak berkomentar tentang tuduhan ini, dan tampaknya perusahaan tidak memiliki akses berkelanjutan ke data lokasi ini, menurut para peneliti, yang salah satunya mengatakan bahwa dia adalah mantan karyawan Apple.

Semua hal ini mungkin membingungkan bagi para pemilik iPhone, terutama karena berita ini menakutkan bagi beberapa orang dan menjadi hal yang menyenangkan untuk yang lainnya. Untuk membantu menjernihkan, berikut ini adalah beberapa yang perlu anda ketahui tentang pelacakan iPhone dan keamanan Anda:

Bagaimana iPhone mengumpulkan data lokasi ini?

Ia menggunakan menara ponsel untuk melakukan pelacakan lokasi. Hal ini tidak seakurat GPS, yang menggunakan satelit untuk menentukan keberadaan sebuah telepon.

Seberapa sering lokasi dicatat?

Pada interval yang tampaknya acak, tapi cukup sering, menurut Pete Warden dan Alasdair Allan, peneliti dan wartawan yang mempublikasikan file lokasi rahasia ini.

Di mana data ini disimpan?

Pada perangkat mobile itu dan pada komputer di mana ponsel disinkronisasikan.

Siapa yang memiliki akses ke sana?

Secara teori, hanya Anda. Apple tampaknya tidak memiliki akses ke data ini, setidaknya tidak secara real-time, menurut para peneliti. Jadi, tampaknya perusahaan tidak tahu di mana anda berada sekarang.

Perusahaan ponsel juga mengumpulkan jenis data ini, tetapi, seperti yang ditunjukkan para peneliti, bahwa data "biasanya memerlukan perintah pengadilan untuk mendapatkan akses ke sana, sedangkan ini tersedia untuk siapa saja yang bisa mendapatkan ponsel atau komputer Anda."

File lokasi tidak terenkripsi, sehingga siapa pun yang memiliki akses ke telepon atau komputer Ada, secara teori bisa mendapatkan akses ke sana dan tahu di mana posisi Anda. Para peneliti, dalam laporan mereka, mengatakan Apple telah "memungkinkan bagi siapa saja dari pasangan yang cemburu untuk menggunakan detektif swasta guna mendapatkan gambaran rinci tentang gerakan Anda."

Dapatkah seseorang mencuri data ini?

Memungkinkan bagi seseorang untuk melihat file ini dan tahu di mana Anda berada sejak Juni. Tapi mereka harus mendapatkan akses ke telepon Anda atau komputer Anda, di mana file consolidated.db disimpan.

Para peneliti melihat risiko kecil dalam hal ini, tetapi mereka mencatat bahwa ada lebih banyak pertanyaan daripada jawaban terkait siapa yang bisa melihat hal ini dan mengapa itu dikumpulkan dan disimpan pada ponsel dan komputer.

Bagaimana jika saya ingin peta semua tempat yang telah saya kunjungi?

Beberapa orang senang melihat peta di mana mereka berada selama 10 bulan. Para peneliti yang mempublikasikan file ini juga menciptakan sebuah program open source yang disebut iPhone Tracker, yang bebas untuk diunduh dan dapat digunakan untuk membuat peta keberaadan Anda sejak pelacakan dimulai.

Gadget apa yang mengumpulkan info lokasi ini?

Hanya iPhone dan iPad yang memiliki koneksi 3G dan telah diperbarui ke sistem operasi 4.0 atau yang lebih baru.

Dapatkah saya menghentikan informasi agar tidak dikumpulkan?

Ini tidak mudah. Anda dapat menghapus data dari komputer Anda, sehingga lebih kecil kemungkinannya para hacker atau anggota keluarga mengaksesnya.

Untuk mencari file, ikuti perintah ini pada komputer Anda: /Users/Library/Application Support/MobileSync/Backups/

Namun, para peneliti memperingatkan, file ini akan diperbarui lagi setiap kali Anda menyinkronkan telepon Anda ke komputer. Jadi menghapus data adalah tugas yang sulit.

Apa lagi yang bisa saya lakukan jika saya khawatir tentang hal ini?

Para peneliti menyarankan mengenkripsi data Anda melalui iTunes. Hal ini membuat lebih sulit bagi siapa saja yang memiliki akses ke komputer Anda untuk mencuri data ini.

Untuk melakukan hal ini, buka iTunes, pasang iPhone atau iPad dan klik pada nama perangkat ketika ia muncul dalam kategori "Devices" di sisi kiri layar.

Di layar, gulirkan ke bawah ke menu "Options" dan klik kotak yang menyatakan "Encrypt iPhone Backup."

Apakah semua orang kesal terkait file pelacakan?

Tidak. Banyak orang, terutama di elite teknologi, berpikir menyenangkan untuk menggunakan program iPhone Tracker untuk melihat peta di mana mereka berada baru-baru ini.

Mereka menunjukkan bahwa perusahaan telepon seluler sudah mengumpulkan data ini. Ini hanya membuatnya dapat diakses pengguna, jika mereka ingin melihatnya.

Siapa yang menemukan file ini dan bagaimana mereka melakukannya?

Allan dan Warden, dua peneliti dan penulis, mereka mengatakan menemukannya saat bekerja pada sebuah visualisasi data tentang gempa bumi Jepang.

Mereka bukan yang pertama menemukannya, tetapi mereka adalah yang pertama menarik perhatian publik dengan informasi ini. Beberapa blogger telah menunjukkan bahwa versi lain iOS Apple disimpan di file yang sama, tapi mereka sulit untuk menemukannya.

Mengapa Apple mengumpulkan dan menyimpan info ini pada ponsel dan komputer?

Tidak jelas. Perusahaan belum berkomentar. Tetapi beberapa blogger dan para peneliti sendiri berspekulasi mereka bisa melihat ke arah aplikasi masa depan untuk telepon.

Apakah mereka berbagi informasi ini dengan Apple?

Para peneliti mengatakan mereka melakukannya, tetapi mereka belum mendengar tanggapan Apple. Apple juga tidak merespons permintaan CNN untuk tanggapan.

Senator US Al Franken juga telah menulis surat kepada Apple mengungkapkan keprihatinan dan meminta jawaban beberapa pertanyaan tentang file ini, seperti mengapa itu disimpan dalam format tidak terenkripsi.

0 comments

Post a Comment